Apakah kamu pernah mendengar istilah workaholic? Ya, istilah yang diberikan bagi mereka yang gila kerja. Banyak sekali kantor dan perusahaan yang membutuhkan orang-orang yang totalitas dalam bekerja. Berikut 7 ciri-ciri orang yang gila kerja. Mari simak, siapa tau Anda adalah satu diantaranya:

1. Berangkat dan pulang sama-sama lihat langit gelap

Bagi seorang work-a-holic, ia akan berangkat kerja paling awal dan pulang paling akhir. Oleh karena itu, istilah yang digunakan adalah “berangkat dan pulang sama-sama melihat langit gelap”, karena saat berangkat kerja, ia akan pergi sebelum fajar terbit dan pulang setelah matahari terbenam.

2. Waktu makan seringkali disatukan

Istilah brunch sering kita dengar untuk mereka yang baru sarapan di waktu makan siang. Alasannya tidak ada waktu untuk sarapan, mengingat masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Tak jarang mereka menyatukan makan siang dengan waktu dinner atau waktu lembur, makan di tengah malam. Bukan tidak menyempatkan, mereka bahkan bisa lupa bahwa belum makan.

3. Sambil istirahat masih memikirkan pekerjaan

Adapun mereka yang masih memberikan tubuhnya untuk beristirahat, ternyata mereka tidak bisa 100% lepas dari pekerjaan. Mereka tetap memikirkan pekerjaan yang masih harus diselesaikan, tak jarang mereka tetap curi-curi membuka laptop atau berkas pekerjaan sambil bersantai sejenak.

4. Perfeksionis dan selalu semangat mengejar target

Seorang yang gila kerja juga dikenal sebagai sosok yang perfeksionis. Pekerjaan yang ada di tangannya harus membuahkan hasil yang sempurna, tanpa cacat dan tanpa kurang. Target pun dijalankan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

5. Stres jika tujuan tidak tercapai atau tidak sesuai dengan harapan

Bagi para penggila kerja, mereka cenderung merasa cemas jika pekerjaan yang diselesaikan tidak sesuai dengan capaian awal. Hal ini akan berujung pada timbulnya stres dan keinginan untuk terus mengubah dan memperbaiki pekerjaan tersebut.

6. Tidak ada waktu selain urusan pekerjaan

Pernah mendengar seseorang yang dikatakan sangat sibuk sehingga tidak pernah datang jika diundang reuni sekolah maupun undangan lainnya dengan alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggal? Bisa jadi itu salah satu ciri seorang yang gila kerja. Mereka dedikasikan waktu hidupnya hanya untuk pekerjaan.

7. Bekerja menjadi liburan dan liburan tetap bekerja

Mereka yang gila kerja akan menjadikan pekerjaan adalah liburan dan hiburan tersendiri baginya. Sebaliknya, saat liburan diberikan, di pantai atau villa penginapan piknik pun, laptop dan pekerjaan akan selalu dibawa, dan mereka akan memanfaatkan waktu bersantai sebagai kesempatan untuk bekerja. Wow, bekerja keras sekali bukan?

Apakah Anda adalah salah satunya? Ukur ciri-ciri di atas dengan kepribadian Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *