Bagi Anda yang ingin mendirikan suatu perusahaan, langkah awal sebagai proses legalitas dalam pendirian perusahaan yang Anda harus miliki, urus dan penuhi adalah akta. Ya, Anda harus tahu bahwa Badan Usaha apapun butuh akta untuk mengesahkan badan usaha atau perusahaan yang ingin didirikan.

Akta perusahaan dan pengesahannya merupakan suatu persyaratan mendasar yang dibutuhkan untuk melanjutkan berbagai macam proses pengerjaan dokumen seperti halnya SKDP dan NPWP.

Akta ini berisi tentang segala macam informasi tentang perusahaan yang didirikan mulai dari lokasi perusahaan, nama perusahaan, pemegang saham, pengurus, modal perusahaan dan juga sistem tata kelola bagi suatu perusahaan. Untuk lebih mengenal akta disini kami akan uraikan lebih rinci untuk Anda beserta contoh akta pendirian perusahaan!

Mengenal Akta Pendirian Perusahaan

Akta perusahaan hanya bisa dibuat dan dikeluarkan oleh pihak Notaris. Hal tersebut sudah diatur didalam peraturan UU nomor 30 tahun 2004 dalam pasal 1 yang menyebutkan bahwa notaris merupakan pejabat umum yang berwenang untuk membuat suatu akta otentik dan melakukan kewenangan lain sebagaimana yang termaktub didalam Undang – Undang Jabatan Notaris.

Didalam akta perusahaan notaris sebagaimana yang tercantum didalam Undang – Undang tercantum beberapa aspek ketentuan berikut ini :

Nama dan tempat kedudukan : Nama dan tempat kedudukan yang terdapat didalam akta merupakan nama resmi dan kedudukan resmi dari perusahaan.

Maksud dan tujuan serta kegiatan usaha : Didalam akta, semua bidang usaha yang ingin dijalankan nantinya memang harus dicantumkan tanpa batas didalam akta. Pengurusan izin lanjutan seperti halnya SIUP atau izin lanjutan yang lain baru bisa dijalankan jika bidang usaha yang akan didaftarkan sudah tercantum didalam akta.

Modal dan saham (jumlah presentasi) : Akta perusahaan secara gamblang disana akan menyebutkan jumlah modal dasar yang diperlukan, modal yang disetor, nominal per 1 lembar saham serta juga siapa saja yang menjadi pihak pemegang saham dan memiliki presentase kepemilikan saham.

Kumpulan Modul Dunia Usaha dan Pendidikan

Sistem Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) : RUPS merupakan forum khusus bagi pemegang saham dimana para pemegang saham memiliki suatu kewenangan untuk meminta serta memperoleh keterangan mengenai perseroan dari pihak pengurus perusahaan.

Nah, dari keterangan yang bersangkutan, pemegang saham nantinya akan mengambil langkah strategis untuk kepentingan perusahaan yang dipegang dan dikelolanya.

Sistem pengurus perusahaan (Direktur dan Komisaris) : Akta akan menjelaskan berbagai hal yang berkaitan atau berhubungan dengan direktur dan komisaris mulai dari wewenang direktur dan komisaris, sistem untuk rapat direktur atau rapat komisaris, jangka waktu pengangkatan direktur dan komisaris, serta bagaimana mekanisme pengunduran diri yang dilakukan.

Proses dalam pembuatan akta baik untuk perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas atau Persekutuan Comanditer sebenarnya tidak begitu berbeda di awal. Suatu draft akta akan dirancang oleh notaris dan terlebih dahulu dicek oleh client atau pihak yang meminta akta dibuat.

Setelah itu akan dilakukan jadwal tanda tangan dimana jadwal tanda tangan tersebut akan dihadiri oleh berbagai pengurus perusahaan yang akan secara langsung berhadapan dengan notaris. Untuk PT, orang yang menghadap adalah pemegang saham perusahaan mayoritas, sementara untuk CV atau Persekutuan Komanditer, pihak yang menghadap adalah persero aktif dan persero komanditer.

Contoh Akta Pendirian Perusahaan Perubahan

Apakah akta bisa diubah? Tentu saja bisa! Ada beberapa faktor yang menjadikan terjadinya perubahan atas akta suatu perusahaan. Adapun contoh akta pendirian perusahaan perubahan diantaranya perubahan karena faktor berikut ini :

Perubahan dalam bidang usaha

Seiring dengan berjalannya waktu, terkadang atau seringkali bisnis mulai berkembang atau Anda akan berubah pikiran mengenai apa yang seharusnya bidang usaha atau bisnis jalankan. Hal tersebut mungkin terjadi untuk melihat suatu peluang bisnis baru yang memang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Tentu saja melihat suatu perubahan atau peluang yang ada tersebut, Anda bisa meninjau bidang usaha apa yang tercantum didalam akta perusahaan apakah akan tertulis atau tidak. Jika memang tidak tertulis dan kemudian Anda ingin mengubahnya, maka Anda harus mengubah akta perusahaan Anda.

Jika terjadi perubahan modal

Bisnis yang Anda jalankan bisa saja semakin berkembang dan butuh suntikan dana. Semisalkan Anda ingin menambah modal yang disetor atau bertemu dengan orang yang mau melakukan penanaman modal di sebuah perusahaan.

Akan tetapi pihak orang yang melakukan penanaman modal tersebut tak ingin dirinya dianggap penanam modal hantu, artinya ia ingin namanya tertulis di akta perusahaan. Maka perusahaan harus mengubah akta perusahaan untuk menambah nama si penanam modal tersebut.

Perubahan alamat perusahaan

Yang dimaksud dengan hal ini adalah jika domisili perusahaan Anda berubah dari satu kotamadya ke kotamadya yang lain atau dari kabupaten yang satu ke kabupaten yang lain, maka tentunya akta perusahaan harus diubah karena alamat atau domisili usaha Anda juga berubah.

Perubahan direksi atau perubahan komisaris

Jika pemegang saham ingin mengganti direktur atau direktur utama atau komisaris bagi perusahaan, maka perusahaan yang bersangkutan juga harus membuat perubahan didalam akta pendirian perusahaannya.

Perubahan status, misalkan dari PT lokal ke PT PMA atau sebaliknya

Semisal Anda mendapat sebuah peluang bisnis, akan tetapi peluang bisnis tersebut menuntut mitra orang asing agar perusahaan Anda bisa mengerjakan pekerjaan tersebut. Nah, untuk mempersingkat waktu dan Anda melihat perusahaan Anda mampu melakukan bidang usaha tersebut, namun perlu pemegang saham dari orang asing, maka Anda harus mengubah akta pendirian usaha Anda.

Itulah sekilas informasi untuk Anda yang ingin mengenal akta dan contoh akta pendirian perusahaan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *