Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan produk perawatan kulit, maka harus tahu kandungan dan manfaat dari produk tersebut. Bahkan tidak itu saja, sebisa mungkin harus mempelajari apakah ada efek samping dari produk tersebut, apakah aman atau berbahaya.

Nah, salah satu produk perawatan yang paling populer dan sering digunakan adalah Fair and Lovely. Selain ekonomis, produk ini diklaim bisa menyehatkan kulit wajah sehingga bisa menjadi cerah maksimal. Namun, apakah aman menggunakan produk ini? Apakah ada efek sampingnya?

Sekilas Tentang Fair and Lovely

Sebelumnya kita akan membahas tentang Fair and Lovely, brand perawatan kulit wajah yang berada di bawah naungan Unilever. Fair and Lovely berubah merk menjadi Glow & Lovely, tepatnya pada tahun 2020 lalu.

Rebrand Produk Fair And Lovely
Rebrand Produk Fair And Lovely

Krim perawatan wajah ini mengandung banyak kandungan bermanfaat, mulai dari vitamin B3, B6, C, Niacinamide dan seterusnya, yang diklaim mampu merawat dan menjaga kesehatan dan kecerahan wajah.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan Fair and Lovely secara rutin :

  • Wajah akan cerah dan glowing secara menyeluruh dan merata.
  • Mengatasi masalah-masalah pada wajah seperti kusam, belang, kering dan lain sebagainya.
  • Menghilangkan noda hitam yang terdapat di wajah, umumnya karena disebabkan oleh flek dan bekas jerawat.
  • Melindungi wajah dari sengatan sinar matahari yang berbahaya, cocok untuk Anda yang sering berada di luar ruangan.

Fair and Lovely hadir dalam dua kemasan, yaitu 25 g dengan harga Rp17.350-Rp21.400 dan kemasan 50 g dengan harga Rp24.499-37.800.

Terus, apakah ada efek samping dan bahaya menggunakan produk ini? Merupakan hal yang wajar, ketika ada zat asing yang bersentuhan langsung dan masuk tubuh, pasti akan menimbulkan efek tertentu.

Lihat pula: Harga Moreskin and Glow

Pertanyaannya adalah, seberapa bahaya efek samping tersebut? Simak selengkapnya di subjudul di bawah ini.

Efek Samping dan Bahaya Menggunakan Fair and Lovely

  1. Kulit Terasa Panas

Jika Anda baru saja menggunakan Fair and Lovely, pasti kulit wajah akan terasa panas. Hal ini merupakan wajar, jadi tidak perlu panik secara berlebihan.

Biasanya rasa panas akan bertahan pada 2-3 kali pemakaian, lalu setelah pemakaian selanjutnya akan hilang sendiri.

Namun jika rasa panas masih tetap ada bahkan setelah 3 kali pemakaian, maka wajib menghentikan penggunaan krim ini. Ini penting untuk mencegah risiko yang lebih buruk pada kulit wajah Anda.

  1. Gatal Berlebihan

Pada bebrapa kasus, Fair and Lovely bisa menyebabkan kegatalan yang berlebihan pada wajah. Ini biasa terjadi pada konsumen yang memiliki wajah dengan kulit yang sensitif.

Terkadang, kandungan di dalam krim ini memang tidak cocok pada jenis kulit tertentu. Kandungan yang bisa menyebabkan gatal ini adalah parfume, yang memiliki andil untuk memberikan aroma harum pada krim.

Jika Anda merasa memiliki kulit wajah yang sensitif, maka tidak perlu menggunakan Fair and Lovely, dan bisa beralih menggunakan krim wajah lainnya.

  1. Kemerahan Pada Kulit

Bahaya atau efek samping menggunakan Fair and Lovely adalah timbulnya kemerahan pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam Fair and Lovely, seperti pyridoxne dan tocoperyl.

Kemerahan pada wajah ini akan sangat berefek, terutama bagi mereka yang memiliki wajah yang sensitif.

Jika sudah sangat parah, disarankan untuk menghentikan penggunaan krim ini dan harus segera konsultasi kepada dokter.

Selain bahaya dan efek samping di atas, penggunaan Fair and Lovely juga bisa menyebabkan jerawat dan wajah berminyak. Sebenarnya, menggunakan Fair and Lovely cukup aman, asalkan cocok dengan jenis kulit wajah. Karena itu, kenali wajah Anda dulu sebelum menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *