Apabila ingin melakukan presentasi secara online, dibutuhkan aplikasi aplikasi khusus yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan itu. Dengan memanfaatkan aplikasi presentasi, materi bisa disampaikan dengan baik ke seluruh pengguna. Jadi, hampir mirip sekali melakukan presentasi secara offline.

Di saat pandemi muncul dan akhirnya semua orang banyak bekerja di rumah. Aplikasi presentasi online ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk bekerja. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk mencari peluang seperti kerjasama dengan pihak lain secara cepat dan juga mudah.

Rekomendasi Aplikasi Presentasi Online

Aplikasi presentasi online bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang. Bahkan bisa menampilkan data secara langsung meski tidak saling bertemu. Berikut beberapa aplikasi yang cukup direkomendasikan dan wajib dicoba:

1. Zoom

Zoom Aplikasi Video Conference Terpopuler
Zoom Aplikasi Video Conference Terpopuler

Salah satu aplikasi yang naik daun dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia saat pandemi adalah Zoom. Aplikasi ini telah melakukan banyak sekali pengembangan dan transformasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan aneka presentasi.

Apalagi tersedia juga fitur untuk melakukan sharing layar. Pengguna bisa langsung membagi slide presentasi mereka kepada seluruh pengguna. Mereka juga bisa langsung menjelaskan apa saja yang ada di dalamnya secara detail. Jadi, mirip sekali dengan presentasi secara umum.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan hingga ratusan orang dalam sekali waktu. Sayangnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah keterbatasan waktu yang digunakan untuk melakukan presentasi apabila menggunakan akun standar atau gratis.

Itulah kenapa disarankan untuk menggunakan akun yang berbayar sehingga bisa melakukan presentasi dengan durasi waktu yang lebih panjang. Selain itu, orang yang ada didalamnya juga bisa sampai ratusan tanpa ada batasan sama sekali.

Lihat juga: Aplikasi pengolah Kata terbaik untuk PC

2. Webex

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan presentasi dengan jumlah pengguna yang cukup banyak. Aplikasi Webex juga tersedia lintas platform sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan presentasi dengan menggunakan laptop atau langsung dengan menggunakan ponsel.

Meski demikian, sangat disarankan menggunakan laptop atau komputer karena bisa membagi layar atau slide presentasi secara langsung. Biasanya akan ada fitur untuk membagi layar sehingga orang lain bisa menyimak layar itu untuk mengetahui apa saja materi yang sedang disampaikan.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis oleh semua orang. Apabila digunakan untuk melakukan presentasi standar saja tentu tidak perlu menggunakan akun premium. Namun, jika digunakan untuk kebutuhan profesional Tidak ada salahnya untuk berlangganan layanan.

3. Google Meet

Apabila ingin menggunakan aplikasi presentasi yang sudah tersambung dengan semua layanan dari Google, tidak ada salahnya untuk menggunakan Google Meet. Layanan ini bisa digunakan oleh semua orang karena bisa diunduh lintas platform. Jadi, bisa digunakan pada ponsel atau laptop.

Apabila ingin menggunakan layanan ini disarankan untuk memakai versi premium-nya saja. Layanan versi berbayar ini hanya sekitar 6 dolar setiap bulan. Apabila dimanfaatkan untuk kebutuhan profesional tentu harga itu tidak akan terlalu mahal, terlebih mendapatkan subsidi dari perusahaan.

Tutorial terkait: Cara Download Video Facebook tanpa Aplikasi

Aplikasi ini tersambung dengan berbagai layanan Google termasuk kalender hingga pengolahan data lain seperti Google dokumen dan spreadsheet. Jadi, presentasi bisa dijalankan dengan lebih baik karena bisa membagi berbagai jenis data secara mudah ke pengguna lain.

4. Microsoft Team

Kurang lebih hampir sama dengan Google Meet. Aplikasi ini akan terintegrasi dengan layanan dari Microsoft seperti Office 365 dan layanan online lainnya. Jadi, presentasi bisa berjalan dengan lebih baik dan juga cepat.

Layanan dari Microsoft ini terbagi menjadi dua yaitu layanan yang gratis dan yang kedua berbayar. Disarankan untuk menggunakan layanan yang berbayar apabila akan dimanfaatkan untuk kebutuhan kantor ataupun untuk kebutuhan profesional lainnya.

5. Any Meeting

Aplikasi terakhir untuk melakukan presentasi secara online adalah Any Meeting. Layanan ini tersedia untuk pengguna premium sehingga harus membayar biaya bulanan. Meski demikian, apa yang didapatkan sangat banyak sehingga tidak akan mengalami kerugian.

Lihat juga: Situs untuk Download Wallpaper Keren untuk WA

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka proses sharing screen bisa berjalan dengan cepat dan mudah. Selain itu, pengguna yang melakukan proses presentasi bisa sampai 200 orang dalam satu kali waktu. Terakhir dan tidak kalah penting adalah aplikasi ini bisa diakses secara remote.

Aplikasi presentasi online yang sudah dibahas di atas ternyata sangat membantu seseorang yang tidak bekerja secara langsung di kantor. Jadi, mereka bisa melakukan presentasi ke banyak orang atau beberapa orang sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi ini akan menjadi alternatif untuk bekerja sehingga bisa lebih efisien dengan waktu. Daripada harus bertemu dengan banyak orang lebih baik langsung bertemu secara online. Apalagi kondisi masih belum baik untuk melakukan tatap muka dengan banyak orang.

Satu lagi yang harus diperhatikan dengan baik apabila menggunakan aplikasi diatas adalah jenis akun yang digunakan. Apabila akan dipakai untuk kebutuhan profesional disarankan untuk memakai akun premium atau bisnis. Jadi, tidak akan ada batasan sama sekali yang mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *