Pada mesin cuci, ada beberapa tombol yang bisa kalian gunakan untuk pengaturan dalam mencuci. Salah satunya adalah Spin. Lalu, apa arti Spin pada mesin cuci? Di sini, kita akan membahasnya lebih detail tentang hal ini.

Pengertian Spin

Spin adalah kata dalam Bahasa Inggris yang artinya Berputar. Jadi, tombol Spin yang sering kita jumpai pada mesin cuci merupakan proses memutar pakaian yang dicuci untuk memeras air supaya menjadi kering. Jadi, Spin juga bisa diartikan proses mengeringkan pakaian pada mesin cuci. Wash (mencuci) adalah proses sebelum Spin (mengeringkan). Ketika proses Wash selesai, cucian sudah bersih dan tinggal dikeringkan. Di sinilah peran Spin dibutuhkan.

Lihat pula: Mengenal apa itu Mosturizer dan cara Pakainya

Cara Menggunakan Spin

Arti Spin Pada Mesin Cuci
Arti Spin Pada Mesin Cuci

Jika kalian ingin menggnakan proses Spin, ada 2 cara yang bisa dilakukan:

  • Secara Otomatis Setting dari Awal

Fungsi Spin bisa disetting secara otomatis dari awal sebelum mencuci. Urutan proses pencucian pada mesin cuci adalah Merendam, Membilas & Mencuci, serta Mengeringkan (Spin). Proses Spin akan secara otomatis bekerja atau dijalankan mesin cuci tersebut.

  • Secara Manual

Kalian bisa menggunakan proses Spin secara manual. Misalnya, kalian ingin hasil cucian lebih kering. Kalian bisa menggunakan fungsi Spin lagi sesuai keinginan dan kebutuhan. Kalian tinggal menyalakan tombol Spin dan atur berapa waktunya.

Meski fungsinya untuk mengeringkan pakaian dengan cara diputar, hasil proses Spin tidak akan kering sempurna. Namun, kalian tinggal menjemur sebentar atau mengangin-anginkan pakaian untuk membuatkan kering sempurna dengan cepat.

Itulah arti Spin pada mesin cuci. Proses Spin sangat berguna untuk kalian yang punya usaha laundry atau ingin mengeringkan pakaian dengan cepat. Di musim hujan di mana terik matahari sangat jarang terlihat, tombol Spin ini akan sangat membantu. Fungsi Spin tersedia baik di mesincuci 1 tabung ataupun 2 tabung.

Berapa Spin Speed yang Dibutuhkan?

Spin speed yang cepat bukan jaminan pakaian akan lebih bersih. Namun, spin speed yang kencang akan membuat pakaian yang dicuci pada mesin cuci lebih kering. Jadi, semakin kencang spin speed pada mesin cuci, semakin kering pula hasilnya.

Baca juga: Apakah Mosturizer Emina bisa Dipakai Malam Hari?

Salah satu keuntungan menggunakan mesin cuci dengan spin speed lebih kencang adalah lebih hemat day listrik. Selain itu, kalian juga akan menghemat waktu pencucian dan pengeringan pakaian. Namun, spin speed yang kencang juga punya kelemahan. Salah satunya adalah harga mesin cuci lebih mahal. Selain itu, mesin cuci yang spin speed-nya lebih kencang akan lebih berisik saat proses Spin. Satu lagi, mesin cuci yang memiliki spin speed lebih cepat umumnya lebih cepat rusak.

Pabrikan mesin cuci biasanya menggunakan mesin motor yang sama. Namun, kecepatan Spin yang ditawarkan berbeda-beda mulai dari 800, 900, 1000, dan seterusnya. Lalu, berapa spin speed yang ideal untuk mencuci? Meski sebenarnya tergantung kebutuhan, spin speed 1200 hingga 1400 cukup ideal untuk sebuah mesin cuci dengan penggunaan normal sehari-hari. Tentu saja, hal ini mempertimbangkan serta memperhitungkan tingkat keawetan, tingkat kekeringa, dan juga harga.

Setelah mengetahui arti spin pada mesin cuci, maka kalian bisa mengetahui kebutuhan akan proses spin saat mencuci menggunakan mesin cuci. Spin speed juga bisa menjadi salah satu pertimbangan saat hendak membeli mesin cuci. Kalian bisa menggunakan proses Spin berkali-kali setelah proses menucuci selesai, sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *