Cara aktivasi fitur cod clodeo sangat mudah jika menggunakan aplikasi bawaannya. Pertama anda download terlebih dahulu file apk Clodeo melalui google play store untuk pengguna HP Android, dan App Store untuk pengguna iOS.

Pasang Aplikasi Clodeo

Download dan install apk Clodeo ke HP yang anda gunakan saat ini agar bisa melakukan aktivasi fitur COD terbaru. Adapun ukuran file Apk Clodeo sekitar 57 MB, jadi pastikan ada space memori cukup serta koneksi internet yang cepat.

Setelah berhasil melakukan install maka jalankan aplikasi Clodeo ini untuk login ke akun yang telah anda buat sebelumnya.

Masukkan Username dan password dengan benar untuk keperluan login agar akun tersebut bisa terdaftarkan ke COD integrasi kurir.

Setelah berhasil login, pada halaman dashboard utama akan terlihat sejumlah menu pada bagian bawah layar HP. Pilih menu Pengaturan -> Integrasi Kurir, dan akan muncul halaman form yang harus anda isi dengan lengkap.

001 Clodeo Cod

Siapkan dokumen data pribadi yang diminta oleh pihak Clodeo seperti KTP, Buku Tabungan, dan NPWP. Dokumen pertama yaitu KTP adalah syarat wajib, sedangkan jika tidak punya buku tabungan anda bisa gunakan kartu debit.

Sebagai contoh untuk pengguna Tahapan Xpresi BCA memang tidak punya buku tabungan. Jadi sebagai gantinya anda bisa upload kartu atm tahapan Xpresi BCA anda sebagai ganti buku tabungan.

Artikel terkait: Cara Mudah Daftar Akun DANA

Dan untuk upload NPWP tidak bersifat wajib, sehingga hanya yang sudah punya saja yang upload. Sedangkan untuk anda yang belum punya bisa mengosongkan form NPWP.

1. Upload foto KTP

002 Clodeo Cod

Klik menu “Foto dan Input data KTP” lalu foto KTP anda dengan menggunakan kamera HP yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya bagus.

Agar tidak ditolak oleh pihak clodeo maka pastikan foto dan tulisan yang ada di KTP dapat terbaca dengan jelas. Sebagai tips gunakan tempat atau ruangan yang cukup cahaya agar KTP bisa terfoto dengan baik.

Isi juga formulir yang tersedia seperti nama lengkap dan NIK yang sesuai persis dengan foto KTP yang barusan anda upload.

Jika sudah maka selanjutnya pihak clodeo akan meminta anda untuk foto selfie sambil memegang KTP. Posisikan HP anda dengan benar untuk memfoto wajah anda serta KTP dengan jelas secara bersamaan guna verifikasi bahwa akun ini memang milik anda sesuai foto KTP.

2. Upload buku Tabungan atau kartu debit

003 Clodeo Cod

Setelah berhasil upload foto KTP, silahkan klik menu “Foto buku tabungan”. Perlu anda ketahui bahwa posisi foto yang benar adalah bukan hanya covernya saja, melainkan bagian dalam halaman utama yang tertera nomor rekening bank anda.

Pastikan tulisan nomor rekening pada buku rekening bank anda dapat terfoto dengan hasil yang jelas dan mudah dibaca. Sedangkan untuk nasabah yang tidak punya buku tabungan maka bisa gunakan kartu debit atau kartu atm.

3. Upload kartu NPWP

004 Clodeo Cod

Untuk anda yang sudah punya kartu NPWP maka bisa langsung upload dengan klik menu “Foto NPWP”. Pastikan foto dan tulisan pada kartu NPWP dapat terbaca dengan jelas.

Apabila hasil foto buram, anda bisa menghapus dan melakukan upload ulang sampai mendapatkan hasil foto yang jelas. Sedangkan untuk anda yang belum punya NPWP maka bisa skip langsung ke menu “Konfirmasi Data Perusahaan”.

Pada halaman Konfirmasi Data Perusahaan, tugas anda hanya perlu mengecek kembali apakah data sudah benar atau belum. Jika ada yang salah maka anda bisa mengedit pada bagian yang salah menjadi benar kembali.

Contohnya alamat kantor yang baru, atau update alamat email yang masih aktif. Jika sudah anda bisa klik menu “Buat Tanda tangan” untuk membuat tanda tangan pada layar sentuh HP yang anda gunakan sekarang.

Tunggu maks 48 jam hingga pihak admin menyetujui aktivasi fitur cod clodeo anda. Jika berhasil maka anda bisa segera melakukan integrasi kurir Paketmu.com dari Clodeo.

05 Clodeo Cod

Pilih satu kurir yang ingin Anda aktifkan dengan memberikan tanda Ceklis pada Checkbox dan klik menu Konfirmasi. Jika berhasil maka status kurir yang anda pilih akan berubah menjadi Aktif dan berwarna Hijau, selesai sekian tutorial dari Hello.web.id tentang cara aktivasi fitur COD di platform ecommerce enabler Clodeo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *