Adanya fenomena alam yang terjadi di lingkungan sehari-hari tidak bisa dipungkiri. Terkecuali jika Anda melakukan pencegahan yang baik. Namun, jika hanya sebagian kecil orang saja yang melakukannya maka fenomena alam yang buruk pun tetap tidak bisa dihindari. Nah, contoh fenomena alam yang sering terjadi saat ini adalah tanah longsor, banjir dan lain-lain.

Bukan hanya diamati dan diatasi saja. fenomena alam seperti ini juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu topik untuk membuat contoh teks eksplanasi lho. Dengan demikian, Anda bisa memberi tahu kepada pembaca mengenai kondisi dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. untuk penjelasan selengkapnya mengenai hal ini, yuk simak ulasan di bawah ini.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tentang Banjir Bandang

Banjir bandang merupakan salah satu fenomena alam yang datang secara tiba-tiba dan mengalir deras serta menghanyutkan benda-benda besar. banjir seperti ini dapat merusak banyak fasilitas umum maupun sarana dan prasarana lainnya yang dilewati. Seperti misalnya rumah warga, perkantoran dan lain-lain.

Faktor utama yang menyebabkan banjir bandang ini yaitu hujan di daerah pegunungan yang biasanya menjadi hulu sungai. Atau bisa disebut juga hujan yang terjadi karena proses orografis. Hujan seperti ini disebabkan oleh angin yang mengandung uap air dan bergerak secara horizontal. Kemudian angin tersebut naik ke darah pegunungan.

Lalu, terjadilah hujan di daerah pegunungan. Hujan ini dapat mengakibatkan banjir bandang di beberapa daerah yang letaknya berada di sepanjang aliran sungai. Selain itu, penyebab terjadinya banjir bandang ini juga karena jebolnya waduk atau bendungan. Hujan dalam waktu yang lama akan menyebabkan debit air dalam waduk meningkat.

Apabila jumlah air semakin banyak maka tanggul atau waduk tersebut tidak akan kuat menahan debit air yang tertampung di dalamnya. Tanggul tersebut akan jebol dan mengeluarkan semua isinya.

Banjir bandang seperti ini tidak bisa dianggap sebagai permasalahan tunggal. Namun sesuatu yang diakibatkan oleh beberapa faktor secara berantai yang dapat mengundangnya. Pemerintah bersama masyarakat harus bersatu untuk menanggulangi permasalahan yang satu ini. Agar dampak negatif dari bencana alam ini bisa diminimalisir.

Seperti itulah ulasan  mengenai contoh teks eksplanasi fenomena alam tentang banjir bandang yang bisa Anda pahami. Dengan memahami contoh di atas, kini Anda bisa membuat teks eksplanasi yang serupa tanpa harus bingung lagi. Bagi Anda yang masih belum bisa membuat teks ini, buruan coba sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *