Banyak orang mengira dirinya sudah kaya atau makmur hanya karena dia memiliki penghasilan yang besar, tinggal di rumah besar dan punya beberapa mobil. Padahal jika itu masih dibiayai dengan kerja kerasnya sebagai karyawan, profesional atau pemilik bisnis kecil, berarti dia belum kaya. Jika itu dibiayai oleh penghasilan dari aset, barulah dia bisa disebut sebagai orang kaya.

Dari sini kita bisa paham, bahwa kebebasan finansial sesunguhnya adalah saat uang yang dihasilkan oleh aset yang kita miliki lebih besar dibanding seluruh pengeluaran hidup kita.

Sebagian besar dari kita, sejak kecil diajari untuk sekolah yang baik supaya nanti bisa mendapat pekerjaan yang baik dan memiliki penghasilan yang besar. Pada kita diajarkan bahwa bekerja keras mencari nafkah adalah satu-satunya cara untuk bisa sukses. Yang kita tidak tahu adalah, ada sebagian kecil, kurang dari 5% populasi di dunia yang mengajarkan anak-anaknya dengan cara berbeda. Mereka mengajarkan “belajarlah untuk membangun aset, dan aset itulah yang akan menghasilkan uang untukmu”.

kebebasan finansial adalah ini
Mendefinisikan kebebasan finansial yang sebenarnya

Definisi Kebebasan Finansial menurut Konglomerat Dunia

A.Basith : Anda disebut makmur jika penghasilan pasif Anda lebih besar dibanding pengeluaran Anda.

Burke Hedges : Anda disebut kaya jika Anda memiliki cukup uang dan cukup waktu untuk melakukan apapun yang Anda inginkan dan kapanpun Anda mau.

Robert T Kiyosaki : Kekayaan Anda adalah jumlah hari dimana Anda bisa bertahan tanpa bekerja secara fisik atau siapapun dalam keluarga bekerja secara fisik dan tetap mempertahankan tingkat kehidupan Anda.

Donald Trump : Setiap orang punya bakat meniru. Selama ini bakat itu digunakan untuk meniru cara mencari uang yang salah. Jika bakat tadi digunakan untuk meniru cara mencari uang yang benar, maka kehidupan yang luar biasa akan menantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *