Artikel nin disponsori oleh Anti Rayap Jakarta

Rayap merupakan hama yang tinggal di daerah lembab, sebab serangga jenis ini membutuhkan kelembaban tinggi untuk mempertahankan hidupnya. Di Indonesia banyak sekali koloni rayap, bahkan penyebaran serangga satu ini cukup merata. Hal ini disebabkan iklim negara ini adalah tropis sehingga rayap-rayap dapat tumbuh secara merata di seluruh daerah di Indonesia.

Apa saja jenis koloni rayap yang ada di Indonesia? Jika itu adalah pertanyaan Anda, maka Anda berada di halaman yang tepat. Sebab di halaman ini akan diulas jenis koloni rayap paling umum di Indonesia. berikut ini daftar jenis koloni rayap paling umum di Indonesia.

Daftar Jenis Koloni Rayap Paling Umum di Indonesia

Rayap Tanah

Jenis koloni rayap paling umum yang pertama adalah rayap tanah. Koloni rayap jenis ini termasuk jenis yang terdiri dari banyak individu dan termasuk serangga sosial. Rayap tanah dapat ditemukan di seluruh daerah di Indonesia dan tempat tinggal paling umumnya adalah di bangunan rumah dan sekitarnya.

Tempat tinggal rayap tanah tidak sembarangan, mereka harus dekat dengan sumber kelembaban untuk mempertahankan hidupnya. Jika sudah menemukan daerah yang cocok untuk mereka tinggali, maka mereka akan membangun sarang. Biasanya rayap akan membangun tempat tinggal di atas tanah, sebab tanah merupakan salah satu sumber kelembaban.

Rayap Kayu Kering

Kedua adalah koloni rayap kayu kering. Spesies serangga satu ini hidup di dalam koloni yang lebih kecil daripada rayap tanah. Biasanya dalam satu koloni akan hidup 900 hingga 1000 individu dan semuanya hidup di dalam potongan kayu yang kering. Rayap jenis ini tidak memerlukan kontak langsung pada tanah yang memiliki kelembaban yang stabil.

Mereka lebih memilih untuk tinggal di daerah dengan kadar air yang rendah. Serangga jenis ini memang tidak seproduktif spesies lainnya, meskipun begitu kerusakan yang dihasilkan oleh rayap kayu kering lebih besar. Hal tersebut dikarenakan kerusakan yang ditimbulkan oleh koloni rayap ini tidak dapat terdeteksi untuk waktu yang lama sebelum mereka ditemukan.

Rayap Kayu Basah

Rayap kayu basah merupakan salah satu jenis koloni rayap paling umum di negeri ini. Sesuai namanya rayap jenis ini tinggal di berbagai jenis kayu yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi seperti kayu yang busuk atau kayu yang bersentuhan langsung dengan tanah. Sebab rayap kayu basah membutuhkan tempat yang lembab untuk mereka tinggali dan bertahan hidup.

Rayap kayu basah dapat ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. Rayap jenis ini paling banyak ditemukan di area outdoor, seperti pepohonan, tunggul atau kayu-kayu yang telah membusuk dan bersentuhan langsung dengan tanah.

Jenis koloni rayap yang sudah diulas di atas merupakan beberapa koloni paling umum yang tinggal di Indonesia. Ketiga jenis koloni rayap di atas dapat dengan mudah Anda temui, karena penyebarannya merata hingga daerah pelosok negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *