Saat anda terkena pilek, salah satu hal yang mengganggu adalah hidung mampet dan hidung meler. Anda menjadi kesusahan untuk beristirahat padahal hal tersebut penting agar Anda cepat sembuh. Hidung mampet disebabkan oleh meradangnya pembuluh darah di sinus. Akibatnya, pembuluh darah dan jaringan hidung di sekitarnya mengalami pembengkakan.

Meredakan hidung tersumbat

Namun, Anda tidak perlu khawatir berikut ini kami telah merangkum daftar obat hidung mampet dan hidung meler yang banyak dijual di toko obat, yaitu:

  1. Dekongestan

Dekongestan biasanya tersedia dalam bentuk oral atau semprotan hidung. Dekongestan dalam bentuk pil yang paling umum yaitu pseudoephedrine. Sementara, dalam bentuk semprotan hidung biasanya oxymetazoline dan phenylephrine. Obat ini digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat iritasi pada hidung.

Pada umumnya, dekongestan dapat dengan mudah dibeli tanpa perlu resep dari dokter. Obat ini dapat juga Anda peroleh di apotek online. Namun, obat ini tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari karena malah akan membuat gejala semakin parah. Oleh karena itu, bacalah petunjuk penggunaan obat sebelum menggunakannya.

  1. Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang digunakan ketika penyebab hidung Anda mampet adalah akibat alergi. Cara kerja obat ini adalah saat tubuh terpapar alergen, antishistamin akan memblokir histamin untuk mencegah reaksi alergi. Ada dua jenis antihistamin, yaitu yang membuat Anda merasa mengantuk dan yang tidak, tanyalah kepada apoteker mana obat yang sesuai dengan kondisi Anda.

  1. Menthol

Krim atau salep yang mengandung menthol juga bisa membantu Anda untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda hanya perlu menggosokkannya ke dada atau bagian bawah hidung. Kandungan menthol membantu membuat Anda bernapas lebih lega. Selain salep ada juga jenis yang dilarutkan di air hangat kemudian uapnya dihirup.

  1. Semprotan hidung steroid

Jenis obat ini akan memberikan efek lega pada hidung Anda. Semprotan hidung steroid bisa juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan agar saluran napas tak lagi tersumbat. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan dosis dan pemakaiannya karena jenis obat ini harus memakai resep dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *