Cara mudah login indihome 192.168.1.1 zte. Indihome memang memberikan layanan internet dengan modem yang berbeda-beda pada setiap daerahnya.

Secara umum layanan dari telkom ini menggunakan merk modem seperti Huawei, ZTE atau TP-Link yang biasanya sering dijumpai pada modem lawas.

Beda modem tentu beda cara penggunaan nya terutama cara login akun admin yang langkah-langkahnya sedikit berbeda.
Nah, untuk anda yang punya modem IndiHome ZTE F609 / F660 silahkan simak pembahasan tutorial berikut ini.

Login Modem Zte Indihome
Login Modem Zte Indihome

Cara Login Modem IndiHome ZTE F609 / F660

Langkah pertama yaitu buka terlebih dahulu web browser seperti chrome atau firefox untuk mengakses IP modem http://192.168.1.1.

Setelah terbuka maka akan terlihat form login berupa username dan password yang harus anda isi. Silahkan coba masukkan username dengan user dan password dengan user, setelah itu klik tombol login.

Jika login berhasil maka anda akan melihat tampilan menu modem IndiHome ZTE F609 yang bisa anda jelajahi satu per satu.

Selesai, pada prinsip nya hanya seperti itu saja sudah berhasil login. Namun untuk anda yang belum berhasil login maka biasanya ada beberapa penyebab lain yang harus anda ketahui.

Kenapa tidak bisa login?

Ada beberapa penyebab mengapa login bisa gagal di modem IndiHome ZTE F609 / F660. Yang pertama pastikan bahwa user dan password sudah anda ketik dengan benar.

Karakter Huruf besar dan kecil sangat berpengaruh. Jadi jangan lupa mematikan capslock pada keyboard agar ketika mengetik “user” menjadi huruf kecil semua.

Beberapa kendala lainnya biasa terletak pada web browser modern saat ini seperti google chrome atau mozilla firefox. Kebanyakan developer Web browser saat ini pada umumnya lebih menyarankan usernya untuk mengakses situs https:// saja.

Sedangkan url dengan awalan http:// biasanya akan secara otomatis ditolak oleh sistem web browser itu sendiri karena dianggap tidak aman.

Namun untuk penggunaan modem seperti indihome ZTE F609 / F660 masih belum menggunakan url https:// melainkan masih http://.

Jadi pastikan yang anda akses adalah http://192.168.1.1 dan bukan https://192.168.1.1 untuk membuka modem dari indihome ZTE F609 / F660.

Modem Zte Indihome
Modem Zte Indihome

Apabila sudah terbuka tampilannya tapi masih gagal login juga maka bisa jadi usernam dan passwordnya bukan “user”.
Silahkan coba beberapa alternatif lain berikut ini karena beda seri modem biasanya beda juga username dan passwordnya.

USERNAME: admin
PASSWORD: admin

USERNAME: root
PASSWORD: admin

USERNAME: admin
PASSWORD: Telkomdso123

Lihat juga: Cara Ganti Password Admin Modem Indihome

Beda login admin dengan user biasa

Login dengan akun admin tentunya akan bisa mendapatkan akses pengaturan yang lebih lengkap ketimbang user biasa.

Pada menu pengaturan anda bisa mengatur prioritas kecepatan pada WiFi yang digunakan. Jadi apabila modem ini digunakan user lebih dari satu maka anda bisa mengatur kecepatan prioritasnya.

Selain itu anda juga bisa memblokir pengguna dengan fitur MAC Address Filter, fitur ini bisa berguna untuk memblokir user yang tidak anda inginkan.

Dengan login menggunakan akun admin anda dapat menemukan menu yang bernama security. Menu security ini bisa mengatur tingkatan level atau mematikan Firewall pada modem IndiHome ZTE F609 / F660.

Kenapa Firewall pada Modem IndiHome sebaiknya dalam kondisi mati ?

Firewall memang dapat berguna untuk mengamankan koneksi internet. Namun dibalik itu ternyata dapat memberatkan kinerja modem Indihome ini.

Mematikan firewall juga dapat membuat para penggunanya untuk lebih leluasa dalam mengakses server luar. Belum lagi firewall dari Indihome ini ternyata masih banyak bug yang dapat membuat kinerja modem menjadi bermasalah.

Apabila firewall tetap dibiarkan dalam kondisi menyala maka akan ada masalah yang akan terjadi. Contohnya saja tidak bisa upload file ke cloud server tertentu atau bisa juga tidak terhubung ke server game online.

Tidak mematikan firewall juga dapat memperlambat koneksi internet dan akan terasa sekali saat anda sedang mendownload file besar.

Sebab modem akan selalu menjalankan filter keamanannya terlebih dahulu pada jaringan yang akan di akses, jadi secara otomatis bisa memperlambat koneksi internet.

Jadi apabila anda menggunakan modem IndiHome ZTE F609 / F660 akan lebih baik jika fitur firewall ini dimatikan saja supaya modem tetap dapat berfungsi dengan normal.

Sumber: http://erdi_j3j817342.staff.ipb.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *