Dewasa ini, aktivitas mengetik menjadi hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Terutama bagi para mahasiswa dan siswa. Dulunya, kegiatan satu ini memakan waktu yang sangat banyak. Karena meski kamu lakukan secara manual. Yakni dengan memanfaatkan keyboard yang ada pada PC atau laptop. Namun beberapa waktu yang lalu, sudah viral cara mudah mengetik online dengan menggunakan voice typing yang ada di Google Docs. Meskipun demikian, pasti masih ada di antara kamu yang belum tahu cara mudah memanfaatkan Google Docs voice typing ini. Ia kan? Oleh karena itu, kali ini akan kami bahas tuntas.

Cara Memanfaatkan Voice Typing

Jadi, voice typing ini bekerja sebagaimana namanya. Yaitu suara yang akan mengetikkan apa yang sudah kita katakan. Pada umumnya, masyarakat luas masih menggunakan kecepatan jarinya untuk mengetik. Padahal, secepat atau se-expert apapun seseorang dalam mengetik, tentu akan tetap lebih cepat ketika memanfaatkan voice typing ini.

Jika yang sudah expert di dunia ketik mengetik aja membutuhkan waktu yang lumayan banyak, bagaimana dengan yang baru belajar mengetik? Tentu akan sangat banyak waktu yang meski kamu korbankan. Selain itu, proses pengetikan dengan menggunakan jari juga sangat berisiko melakukan ‘typo‘ atau kesalahan ketik.

Lihat pula: Aplikasi untuk Menghilangkan Vokal Lagu

Sehingga, untuk memastikan hasil ketikan kamu aman dari typo atau kesalahan penulisan, kamu meski melakukan pengecekan ulang. Maka, jika kamu tengah dilanda berbagai tugas, tidak ada salahnya mulai beralih menggunakan fitur voice typing dari Google Docs. Hal ini karena ada banyak manfaat dan keunggulan yang kamu rasakan. Seperti lebih hemat waktu, lebih cepat, dan aman typo. Gimana, tertarik? Simak caranya berikut.

  1. Buka browser yang ada di laptop atau PC.
  2. Ketik Google Docs pada menu pencarian.
  3. Kalau kamu belum login, silahkan login dulu memakai akun Google yang kamu miliki.
  4. Di halaman Google Docsnya, klik blank.
  5. Klik menu Tools.
  6. Pilih voice typing.
  7. Sekarang kamu sudah bisa mulai melakukan voice typing.

Jika berhasil, maka adakan muncul gambar atau logo mic di halaman yang bagian kiri. Jika ingin melakukan cara ini, kamu meski memastikan bahwa koneksi internet kamu stabil, dan laptop atau komputer kamu sudah mempunyai alat tambahan atau perangkat lain. Yakni headset yang memang terdapat micnya. Karena jika tidak, maka suara kamu tidak akan terdeteksi.

Sayangnya, cara satu ini tergolong gampang-gampang susah. Karena ternyata, tidak sedikit yang mengalami ‘kegagalan’. Bentuk kegagalannya adalah, ketika mengklik menu tools, tidak ada pilihan berupa voice typing, sehingga aktivitas voice typingnya tidak bisa dilanjutkan. Namun tenang saja, karena cara mengatasinya sangat mudah. Bahkan nyaris sama dengan cara di atas.

Fitur Voice Typing Di Google Word
Fitur Voice Typing Di Google Word

  1. Buka browser yang ada di laptop atau PC.
  2. Ketik Google Docs pada menu pencarian.
  3. Kalau kamu belum login, silahkan login dulu memakai akun Google yang kamu miliki.
  4. Di halaman Google Docsnya, klik bagian dokumen yang ada templatenya. Seperti resume, essay, atau yang lainnya.
  5. Hapus semua tulisan yang ada di dalam dokumen. Caranya adalah CTRL+A, lalu hapus.
  6. Klik menu Tools.
  7. Pilih voice typing atau dikte.
  8. Sekarang kamu sudah bisa mulai melakukan voice typing. Klik saja pada tulisan ‘klik untuk berbicara’.
  9. Selesai.

Jadi, ketika kamu menggunakan cara mudah memanfaatkan Google Docs voice typing yang pertama, maka kamu bisa menggunakan cara yang kedua. Karena banyak yang membuktikan, bahwa cara ke dua jauh lebih worth it untuk kamu gunakan daripada cara pertama.

Google Docs

Bagi kamu yang pertama kali menggunakan Google Docs, tentu masih bertanya-tanya, sebenarnya Google Docs ini apa sih? Ia kan? Jadi, Google Docs ini merupakan sebuah platform digital yang sangat luar biasa. Hal ini karena ada banyak sekali fitur-fitur keren yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bukan hanya sekedar bisa memanfaatkan fitur voice typingnya, tapi juga bebas memanfaatkan fitur keren lainnya.

Dengan Google Docs, kamu bisa menerjemahkan dokumen bahasa apapun dengan sangat mudah. Dengan Google Docs memungkinkan kamu untuk membuat kuesioner online penelitian, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa membuat resume di sini. Cukup manfaatkan template yang ada. edit. Selesai deh.

Referensi terkait: Sound of text Madura

Dan yang paling menariknya adalah, kamu bukan hanya dapat memanfaatkan fitur voice typing ketika akan membuat dokumen baru. Tapi juga bisa melanjutkan tulisan yang sudah pernah kamu buat di word. Caranya juga sangat mudah. Cukup copy saja tulisan kamu ke dokumen kosong yang sudah kamu buka di Google Docs, lalu klik tools, pilih dikte atau voice typing.

Gimana? Gampang banget kan? Oke, sekian cara mudah memanfaatkan Google Docs voice typing yang meski kamu tahu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *