Gorden memang tidak pernah lepas dari yang namanya jendela. Di mana ada jendela maka selalu ada gorden entah itu jendela di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, hingga kamar tidur. Gorden bertujuan untuk menghalangi atau mengatur intensitas cahaya matahari atau lampu masuk ke dalam ruangan. 

Memilih Gorden Kamar Tidur yang Sesuai

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan untuk beristirahat sehingga harus dibuat senyaman mungkin termasuk pemilihan gorden untuk jendela kamar tidur yang tepat. Pemilihan gorden untuk kamar tidur tidak bisa dibilang mudah karena harus berdasarkan beberapa pertimbangan agar kamar tidur tetap nyaman. Beberapa tips memilih gorden kamar tidur yang tepat yaitu :

Tentukan tema

Sebelum memilih gorden kamar tidur, ada baiknya untuk menentukan tema kamar terlebih dahulu. Apakah ingin tema minimalis, klasik, mewah, simple, dan tema-tema lainnya sesuai keinginan. Dengan menentukan tema ruangan maka akan memudahkan anda memilih gorden yang sesuai.

Pahami model gorden

Ada baiknya untuk mencari tahu tentang model gorden terlebih dahulu. Pemilihan model gorden tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan tema kamar tidur. Apabila memiliki desain kamar tidur minimalis, maka sebaiknya hindari model gorden yang terlalu rumit dan terlalu banyak aksen. Gorden yang sederhana juga akan membuat kamar tidur terlihat lebih nyaman.

Pemilihan warna yang tepat

Pemilihan warna juga harus diperhatikan. Anda bisa memilih warna-warna gorden yang soft seperti warna netral ataupun warna pastel yang disesuaikan dengan warna dinding ataupun warna furniture. Warna-warna yang tidak terlalu terang dan soft akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman.

Gorden motif atau polos?

Bukan hanya berwarna polos, gorden juga memiliki berbagai motif dan corak yang beragam. Apabila dinding kamar berwarna putih dan polos, anda bisa memilih menggunakan gorden dengan corak yang sederhana entah itu motif garis ataupun geometris agar kamar tidak terlalu polos ataupun motif lainnya sesuai keinginan anda. Dinding kamar tidur yang polos memang cocok menggunakan gorden bermotif.

Pertimbangkan bahan yang digunakan

Jangan hanya melihat desain gorden saja. Anda juga harus mengetahui jenis bahan yang digunakan pada gorden tersebut. Untuk kamar, anda bisa memilih jenis gorden yang terbuat dari bahan jenis blackout sehingga dapat menjaga suhu kamar tidur agar tidak terlalu panas akibat sinar matahari di siang hari dan juga ruangan tidak akan terlalu silau.

Perhatikan sistem pengait

Setiap gorden memiliki sistem pengait yang berbeda-beda sehingga harus teliti dalam memilihnya. Terdapat 4 jenis sistem pengait yaitu smoke ring yang merupakan sistem dengan lubang yang dilapisi cincin besi, track manual maupun otomatis, ring yaitu pengait berupa cincin besi, dan tab top yaitu pengait berupa kain yang dijahit atau direkatkan. Sesuaikan sistem pengait ini dengan tipe jendela yang digunakan. 

Lakukan pengukuran

Tips terakhir sebelum benar-benar memutuskan membeli gorden kamar tidur yaitu dengan mengukur ukuran jendela baik panjang maupun lebarnya. Kesalahan ukuran gorden entah itu terlalu kecil ataupun terlalu besar akan mengurangi tampilan kamar tidur sehingga tidak enak dipandang dan akhirnya membuat ruangan terasa tidak nyaman. 

Inilah beberapa tips memilih gorden untuk kamar tidur agar tetap nyaman. Anda juga dapat berkreasi dengan gorden dan furniture kamar tidur asalkan masih sesuai dengan konsep atau tema ruangan yang diinginkan sehingga beristirahat menjadi lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Tomjaks Desain Interior

    dari beberapa survey klien saya kebanyakan gorden bermasalah pada rel gorden karena berat gorden sangat mempengaruhinya

    1. Hello Inspirasi

      terimakasih atas feedback nya.