Kentang dapat menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi pada saat melakukan diet. Berbagai kandungan yang terdapat pada kentang dapat membuat kentang menjadi salah satu makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Berbagai jenis olahan kentang juga dapat menjadi menu sehari-hari untuk melancarkan diet Anda.

Kentang tergolong dalam jenis umbi yang memiliki kandungan karbohidrat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kentang tidak akan memengaruhi peningkatan berat badan, selama diolah dengan cara yang tepat. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasan tentang olahan kentang dan faktor pendukungnya di bawah ini yuk!

Dua Menu Olahan Kentang untuk Diet

Kentang dapat dimasak dengan berbagai cara, yang tentunya dapat diolah sesuai dengan keinginan pula. Cara pengolahan, hingga bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatannya juga berpengaruh dalam meningkatkan berat badan lho! Ingin tahu lebih lanjut? Simak dua jenis olahan untuk diet yang wajib Anda coba di bawah ini!

Mashed Potato

Mashed potato memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang nikmat. Olahan kentang ini berasal dari Barat,  cara pengolahannya sangat mudah, sehingga dapat dicoba dirumah.

Bahan Pembuatan:

  • Kentang 2 buah
  • Krim kental manis 70 mili
  • Susu cair 70 mili
  • Kornet sapi 2 sendok makan
  • Margarin serbaguna 2 sendok makan
  • Merica sesuai selera
  • Garam sesuai selera

Cara Membuat:

Pertama, bersihkan kentang, kemudian potong dengan ukuran besar. Setelah itu, rebus kentang serta campurkan garam dan merica secukupnya. Ketika merebus olahan ini, gunakan api yang kecil hingga air habis.

Langkah selanjutnya, tiriskan kentang lalu haluskan dengan cara diulek, masukkan mentega, lalu aduk hingga merata. Masukkan krim kental manis, kornet sapi dan susu cair, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, mashed potato siap dikonsumsi untuk diet Anda.

Cari obat diet? Lihat daftar merk obatnya disini

Potato Wedges

Bagi Anda yang tetap ingin merasakan makan kentang dengan tekstur aslinya, Anda dapat membuat potato wedges sebagai menu diet. Anda juga dapat membuat potato wedges dengan rasa yang manis dan gurih sesuai selera. Resep potato wedges yang satu ini lebih memberikan rasa yang gurih.

Bahan Pembuatan:

  • Kentang yang sudah diiris 4 buah
  • Keju parut parmesan ½ cangkir
  • Minyak zaitun 4 sendok makan
  • Bubuk bawang putih 2 sendok teh
  • Garam 2 sendok the
  • Italian seasoning 2 sendok the
  • Saus keju
  • Daun peterseli

Cara Membuat

Siapkan Loyang yang telah diolesi minyak hingga merata, kemudian panaskan oven hingga 190ºC. Masukkan kentang yang sudah diiris ke dalam mangkuk, kemudian aduk bersama dengan minyak zaitun hingga rata. Di sisi lain, masukkan semua bumbu ke dalam mangkuk lalu aduk hingga rata.

Setelah semua sudah diaduk dengan rata, campurkan bumbu dan kentang bersamaan, kemudian aduk kembali hingga rata. Selanjutnya, bariskan kentang dalam ke loyang dan taburi keju parmesan. Setelah rata, masukkan kentang dalam oven kurang lebih sekitar 35 menit. Kemudian potato wedges siap dihidangkan.

Mengapa Kentang Efektif Dikonsumsi untuk Diet?

Kentang efektif untuk diet karena mengandung vitamin B, khususnya vitamin B6 yang memiliki cadangan energi berupa karbohidrat dan lemak. Kandungan ini dapat memberikan energi bagi Anda yang mengkonsumsinya, Jika dikonsumsi sehari-hari, maka kentang dapat menjadi salah satu bahan makanan yang dapat memberikan asupan energi sehat pada tubuh Anda.

Kentang yang berserat juga berfungsi untuk memberikan rasa kenyang pada tubuh. Hal ini akan menekan nafsu makan Anda, sehingga dapat bermanfaat untuk diet. Jika jumlah konsumsi makanan pada tubuh sedikit, maka berat badan ideal pun akan mudah dicapai, kan?

Penjelasan mengenai olahan kentang untuk diet di atas dapat menjadi informasi tepat bagi Anda yang memilih kentang sebagai menu diet. Pastinya, berbagai jenis olahan kentang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung proses diet. Mulai dari kandungan, hingga keunggulan kentang sebagai makanan pengganti nasi akan dapat mendukung berjalannya diet Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *