Selain dijadikan sebagai bahan membuat minuman anti ngantuk, sekarang ini kopi juga diolah menjadi parfum. Selain aromanya yang harum dan tahan lama, ternyata parfum aroma kopi memberikan berbagai macam manfaat lho!

Apa sajakah manfaat parfum aroma kopi? 

Parfum aroma kopi ini biasanya dijadikan sebagai parfum pengharum ruangan di rumah atau parfum pengharum mobil. Dengan adanya parfum beraroma kopi di mobil atau ruangan, berikut ini manfaat parfum aroma kopi yang akan Anda rasakan. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Ini Manfaat Parfum Aroma Kopi

Sebagai penetral aroma ruangan

Manfaat parfum aroma kopi yang pertama adalah menjadi penetral aroma ruangan. Seringkali di ruangan tercium aroma kurang sedap seperti misalnya aroma sisa makanan, aroma cat dinding yang masih baru yang membuat pusing dan sebagainya.

Nah, aroma – aroma semacam ini bisa Anda netralisir dengan parfum beraroma kopi yang Anda letakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan Anda. Anda bisa gantungkan atau letakkan satu atau dua parfum aroma kopi di bagian sudut ruangan rumah Anda. Aroma yang kurang sedap didalam mobil juga dapat dinetralisir dengan aroma parfum kopi ini.

Membantu menghilangkan stress 

Aroma kopi memang sangatlah khas. Dalam penelitian diungkapkan bahwa di balik parfum aroma kopi, setidaknya terdapat sebanyak 800 kandungan yang masih berkaitan erat dengan aroma kopi yang khas. Kandungan – kandungan senyawa seperti senyawa heterosiklik yang tinggi pun bisa Anda dapatkan dari parfum aroma kopi. 

Aroma kopi juga mampu memberikan aroma wangi yang dapat meningkatkan perasaan senang dan bahagia. Selain itu, aroma kopi juga bisa membuat Anda jauh lebih terjaga. Ketika indra penciuman Anda menghirup aroma kopi maka secara langsung aroma tersebut akan dikirim signalnya ke otak secara langsung. 

Hal ini kemudian akan sangat berpengaruh terhadap gen serta protein yang ada di otak. Sehingga dengan begitu pikiran Anda akan jauh lebih rileks dan tenang dengan adanya parfum aroma kopi ini.

Parfum Pria Aroma Kopi
Parfum Pria Aroma Kopi

Membantu menambah stamina didalam tubuh

Aroma kopi merupakan aroma parfum pria yang memberikan manfaat sebagai zat aroma terapi. Oleh karena itu parfum kopi juga berkhasiat untuk membantu meningkatkan stamina tubuh setelah menghirupnya. Untuk Anda yang punya aktivitas kerja padat, Anda bisa menggunakan parfum aroma kopi di ruangan kamar sebagai aromaterapi. 

Hirup sebelum tidur dan sebelum berangkat kerja. Anda akan lebih berenergi selama menjalankan aktivitas di kantor. Dijadikan pengharum ruangan kantor juga sangat dianjurkan sehingga Anda dan teman – teman kantor dapat lebih rileks dan berstamina selama bekerja.

Menajamkan indera penciuman 

Anda harus tahu bahwa parfum aroma kopi adalah parfum ajaib yang bahkan memberikan manfaat menajamkan indera penciuman. Bahkan ada banyak pedagang parfum yang menyediakan ampas atau biji kopi untuk mempertajam indera penciuman mereka yang sudah terkontaminasi dengan berbagai jenis aroma parfum. 

Dengan begitu, pedagang parfum ini dapat membedakan antara satu jenis parfum dengan jenis aroma parfum lainnya setelah mencium biji kopi. 

Utamanya untuk Anda yang memiliki masalah indera penciuman misalkan karena sedang pilek, Anda bisa sering – sering menghirup parfum aroma kopi karena dapat mengembalikan rangsangan indera penciuman Anda. 

Membantu menajamkan fungsi otak

Manfaat parfum aroma kopi lainnya dalah mempertajam otak di situasi tertentu. Sebuah studi untuk membuktikan fungsi kopi dalam menajamkan fungsi otak diselenggarakan bersama 114 siswa dan dibagi ke dalam dua kelompok. 

Satu kelompok diminta menghirup aroma kopi lebih dulu sebelum tes dilakukan dan satu kelompok lainnya tidak. Studi tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang mencium aroma kopi terlebih dahulu memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak mencium aroma kopi sebelum tes dilangsungkan.

Mereka yang sebelum tes mencium aroma kopi bahkan merasa rileks selama menjawab soal yang diberikan dan merasa mampu menjawab semua soal dengan baik. Hal ini terjadi dikaitkan dengan efek plasebo yang kopi berikan. Efek plasebo ini merupakan suatu efek dimana seseorang dapat meningkatkan performa sehingga hasil yang didapatkan jauh lebih baik.

Ini manfaat parfum aroma kopi yang Anda harus tahu. Untuk mendapatkan manfaatnya yang sangat banyak, pasang parfum beraroma kopi di ruang kamar, ruang kerja, ruang tamu atau di mobil Anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *