Jaket kelas merupakan salah satu atribut yang kini digandrungi banyak siswa di sekolah, dari SD hingga perguruan tinggi. Jaket kelas yang nyaman tentunya menjadi keinginan banyak siswa, karena tentunya biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Untuk mendapatkan jaket kelas yang nyaman digunakan tentunya Anda harus mengenal berbagai macam jenis bahan yang bisa digunakan.

Berikut beberapa bahan jaket kelas yang bisa dipilih untuk dijadikan bahan jaket kelas sesuai dengan tujuan penggunaan.

Lihat Pula: Konveksi Jaket Surabaya

Macam Jenis Bahan Jaket Kelas

Desain Jaket Kelas Fleece di Vidogarment

Fleece

Bahan fleece merupakan salah satu bahan jaket kelas yang sedang booming dan menjadi tren saat ini. Bahan fleece ini biasa digunakan untuk membuat sweater, jaket hoodie, serta jaket varsity. Fleece memiliki kriteria bahan berupa teksturnya yang halus, bulu yang lembut, serta dapat menyerap air. Dengan begitu, jaket bisa menahan panas tubuh dan tubuh menjadi lebih hangat.

Bahan fleece sendiri memiliki berbagai jenis, di antaranya:

Cotton Fleece

Cotton fleece memiliki komposisi bahan berupa katun dalam jumlah banyak dan juga polyester. Warna cotton fleece lebih cerah jika dibandingkan jenis fleece yang lainnya.

Polyester Fleece

Seperti namanya, kandungan serat polyester dalam fleece jenis ini lebih banyak, sehingga kain memiliki tekstur yang lebih kaku dengan tampilan mengkilap.

Polar Fleece

Polar fleece merupakan jenis fleece yang memiliki komposisi bahan berupa polyester, viscose, katun, serta serat sintetik yang lain. Teksturnya berbulu dan sering dijadikan bahan selimut.

CVC Fleece

Bahan CVC fleece sering dijumpai pada jaket anak-anak. Komposisi bahan ini adalah 70% katun dan 30% viscose.

Baby Terry

Baby terry merupakan bahan jaket yang terbuat dari katun dengan daya serap yang tinggi. Tekstur bahan baby terry lembut, berbulu sedikit, tipis, serta memiliki lipatan serat berukuran kecil. Baby terry cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan bahan fleece.

High Twist

High twist merupakan bahan jaket yang terbuat dari polyester yang memiliki sifat tidak mudah kusut. Permukaan bahan ini juga halus dengan tampilannya yang mengkilap. Bahan ini panas dan kurang baik dalam menyerap air, sehingga lebih sering digunakan untuk membuat jaket parka.

Bahan Taslan

Jika kelas Anda ingin melakukan sebuah petualangan bersama, seperti mendaki gunung dan perkemahan, maka jaket dengan bahan taslan ini cocok untuk dipilih. Sifatnya yang anti air dan tahan angin cocok untuk digunakan di alam bebas atau area outdoor. Bahan taslan memiliki tampilan yang hampir sama dengan parasut, namun kainnya lebih tebal, ringan, serta lebih lembut.

Beberapa jenis jaket kelas yang bisa menggunakan bahan ini di antaranya adalah jaket varsity dan jaket parka.

Beberapa bahan di atas bisa dipilih sesuai dengan kesepakatan bersama anggota kelas. Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan kelas Anda, baik untuk dikenakan saat momen tertentu maupun dikenakan saat melakukan aktivitas outdoor bersama anggota kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *