Restart laptop adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh Anda yang sehari harinya berkutat dengan komputer jinjing. Memang, ada banyak dari Anda yang sering melakukan tetapi ketika ditanya tujuan merestart komputer, mereka akan bingung memberikan jawabannya. Ternyata, fitur restart sengaja diberikan pada setiap laptop memiliki beberapa tujuan. Ketika laptop mengalami masalah, dengan Anda melakukan restart, beberapa masalah bisa diselesaikan dan laptop akan kembali normal. Kira kira masalah apa saja yang bisa terselesaikan ketika Anda melakukan restart pada komputer. Simak informasi selengkapnya.

Mengenal Apa itu Restart Laptop

Restart laptop adalah kegiatan mematikan laptop agar nantinya komputer bisa menyala sendiri secara otomatis. Pada kenyataannya, istilah restart tak hanya untuk perangkat komputer atau laptop saja. Istilah ini juga bisa digunakan pada perangkat lain seperti ponsel. Restart sendiri ada 2 macam, yaitu soft restart dan hard restart. Sort restart biasanya bisa dilakukan sendiri karena Anda hanya perlu memencet tombol restart saja. Tetapi, untuk hard restart, biasanya Anda membutuhkan bantuan ahlinya.

Macam Macam Restart Laptop

Soft restart adalah kemampuan perangkat untuk mematikan secara manual dan kemudian kembali hidup. Ketika Anda melakukan soft restart, file atau data yang ada pada perangkat tidaklah akan menghilang. Ada beberapa orang yang khawatir filenya akan hilang ketika mereka merestart perangkatnya. Saat yang Anda lakukan adalah soft restart, file pada perangkat akan baik baik saja. Tak akan ada yang hilang, kecuali Anda belum sempat menyimpan file tersebut. Berbeda, ketika yang Anda lakukan adalah hard restart.

Lihat juga: Cara Menghapus semua Data di Laptop

Hard restart adalah merestart perangkat dan mengembalikannya ke setelan pabrik. Biasanya, restart tersebut berhubungan dengan software. Apabila yang Anda lakukan adalah hard restart, kemungkinan data atau file hilang sangat mungkin karena laptop atau perangkat kembali ke setelan pabrik. Lalu bagaimana solusinya, ketika hard restart memang harus dilakukan. Sebelum Anda melakukan restart tersebut, alangkah baiknya Anda memindahkan semua data ke disk D atau E. Jangan sampai ada yang terlewat. Kosongkan laptop yang ada di bagian dokumen, picture, dan lainnya. Jika sudah, hard restart bisa segera dilakukan dan kini Anda tak perlu khawatir lagi data pada laptop akan terhapus atau hilang.

Masalah yang Bisa Diselesaikan dengan Restart

Restart laptop tentunya akan mendatangkan manfaat bagi pengguna. Pertama, restart akan membantu mengembalikan kinerja windows normal seperti sedia kala. Anda yang mengaku setiap hari berteman dengan laptop, Anda pastinya pernah mengalami keadaan ini. Ketika laptop terlalu banyak membuka task, laptop akan menjadi lemot saat Anda mengaksesnya. Cara termudah mengatasinya adalah dengan merestart laptop. Dengan Anda mematikan dan menghidupkan laptop kembali, beban berat yang dipikul windows akan menghilang dan bisa kembali normal.

Contoh Error Asat Restart Laptop
Contoh Error Saat Restart Laptop

Masalah lain yang bisa diselesaikan dengan restart adalah ketika Anda menggunakan firefox. Firefox yang digunakan untuk membuka banyak website biasanya tiba tiba akan berhenti bekerja. Menggerakkan kursor tidak bisa. Meng-close tab yang terbuka pun apalagi. Saat firefox mengalami crash, Anda bisa segera mengatasinya dengan restart laptop. Restart akan membantu melepas memori besar yang harus ditanggung oleh firefox. Setelah Anda mematikan dan menghidupkan kembali laptop, firefox pastinya akan kembali seperti sedia kala.

Atau, Anda pernah mengalami akses internet atau wifi tiba tiba tak bisa digunakan. Anda sudah mencoba mematikan dan menghidupkan akses berkali kali, cara yang Anda lakukan tetaplah gagal dan membuat Anda tak bisa mengakses internet. Anda pun tak perlu bingung saat keadaan tersebut kembali dialami. Anda bisa mencoba merestart laptop, maka segala persoalan tentang koneksi bisa segera diatasi. Anda pun bisa berselancar ke dunia maya lagi. Jadi, sudah tahu kan apa sebenarnya manfaat dari restart laptop sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *