Saat ini, WhatsApp menjadi aplikasi chatting nomor satu mengalahkan Telegram, Line, SMS dan aplikasi chatting lainnya. Sudah menjadi sebuah hal wajib untuk kita memasang aplikasi ini di WhatsApp.

Dengan dibekali fitur berkirim pesan, obrolan grup, video call, video call grup, panggilan dan fitur WhatsApp Story, kita bisa berkirim pesan dengan nyaman, aman, hemat kuota dan gratis. Agar aktivitas berkirim pesan atau bertukar panggilan Anda makin seru, Anda bisa mencoba mengubah nada dering WA Anda dengan nada dering buatan Anda sendiri.

Kita bisa membuat nada dering atau notifikasi sendiri di WA, merangkai kalimat sendiri, memilih bahasa dan jenis suara. Tool yang digunakan untuk membuat nada dering ini hanya satu, yaitu Sound of Text.

Kelebihan Sound of Text WhatsApp

Kami merekomendasikan Anda memakai tool pembuat nada dering WA dari situs ini: soundoftext.com

Namun selain situs tersebut, ada juga situs-situs rekomendasi yang lain, seperti:

  • Vo.codes
  • VoiceofText
  • VoiceMaker
  • Botika.Online
  • Notevibes.com

Adapun keunggulan memakai sound of text di atas untuk tujuan membuat nada dering WA sendiri:

Tool Sound of Text di Atas Mudah digunakan

Caranya cukup memasukkan kalimat yang ingin dijadikan nada dering > pilih bahasa > kemudian convert menjadi suara. File konversi tadi tinggal diunduh dalam format mp3, kemudian jadikan sebagai nada dering WA.

Bisa dipakai Gratis

Beberapa situs menyediakan versi gratis dan ada juga yang berbayar untuk fitur-fitur tertentu. Namun untuk situs soundoftext.com, dijamin 100% gratis.

Tersedia Banyak Pilihan Bahasa

Ada Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Rusia dan masih banyak lagi. Masing-masing sound of text memiliki koleksi bahasa sendiri-sendiri. Untuk situs alternatif soundoftext apps yang kami rekomendasikan diatas tersedia lebih dari 60 bahasa dengan pilihan bahasa Jawa, Sunda, serta bahasa Inggris dalam versi UK, US, dan Australian.

Lihat pula: Cara Sound of text di Game ML

Cara Menggunakan Sound of Text WA

Sound Of Text Apps
Sound Of Text Apps

Pada tutorial kali ini, kita akan memakai situs dari soundoftext.com saja. Dengan tool dari situs tersebut, kita bisa membuat nada dering WA suara robot yang khas. Pilihan Bahasanya pun banyak, jadi jangan batasi kreativitas Anda. Buatlah apa yang ingin Anda buat.

Mulai rancang kalimat yang ingin dijadikan nada dering. Dan berikut adalah cara membuat sound of text untuk nada dering WA.

  1. Pertama, kunjungi situs ini Sound of text apps
  2. Pilih bahasa di menu Voice
  3. Kemudian masukkan kalimat pada kolom yang tersedia
  4. Lalu klik ‘Convert to voice
  5. Di bawahnya, muncul icon download audio, tekan tombol tersebut
  6. Akan muncul audio player sound of text Google, Klik ‘Play‘ untuk mendengarkan suara
  7. Klik titik tiga lalu ‘Download‘ untuk mengunduhnya

Setelah mendapatkan file mp3, di sini kita sudah bisa mulai menggunakan nada dering buatan kita ini di WA.

Cara Mengganti Nada Dering WA

Perlu Anda ketahui, daftar nada dering di WA itu ada secara default. Jika ingin menambah daftar nada dering baru, maka ikuti langkah-langkah menambah nada dering baru ke nada dering default WA.

Langkah 1: Tambah Nada Dering Baru ke Nada Dering WA

  1. Buka aplikasi ‘File Manager‘ Anda
  2. Kemudian buka ‘Internal Storage
  3. Cari folder bernama ‘Ringtones
  4. Lalu pindahkan nada dering baru/sound of text yang tadi baru kita buat ke dalam folder tersebut
  5. Selesai

Langkah 2: Mengaktifkan Nada Dering Baru di Aplikasi WA

  1. Setelah memindahkan file mp3 di folder Ringtones, selanjutnya kita beralih ke aplikasi ‘WhatsApp
  2. Buka menu ‘Pengaturan
  3. Lalu buka ‘Notifikasi
  4. Pilih bagian nada dering yang ingin diubah, apakah nada dering pesan, panggilan atau video call
  5. Klik ‘Nada Notifikasi‘ / ‘Notification Tone‘, lalu pilih nada dering baru yang Anda masukkan barusan
  6. Seharusnya setelah kita melewati ‘Langkah 1‘, kita sudah bisa menemukan nada dering sound of text yang tadi kita buat tersebut
  7. Klik nada dering itu
  8. Selesai

Sampai di sini paham? Semoga langkah-langkahnya mudah dimengerti. Langkah-langkah ini hanya bisa dilakukan di perangkat Android. Tidak berlaku untuk iPhone.

Bisakah Sound of Text WA dipakai untuk Semua Jenis Ponsel?

Jawabannya bisa. Selagi filenya dalam bentuk mp3, maka memasang nada dering slund of text ini di perangkat manapun pun boleh. Hanya saja, untuk perangkat iPhone, akan mengalami kesulitan dalam mengganti nada dering WA nanti.

Sound Of Text Untuk Notif Wa
Sound Of Text Untuk Notif Wa

Pahami baik-baik, kesulitan menggganti nada dering WA. Bukan kesulitan membuat sound of text WA. Hal ini dikarenakan sistem pengaturan nada dering di iPhone lebih rumit daripada di HP Android.

Bisakah Membuat Jenis Suara Bayi atau Logat Bahasa Daerah di Sound of Text?

Jawabannya bisa. Tapi beda situs. Khusus situs yang kita bahas barusan, yaitu soundoftext.com, kita hanya bisa menggunakan suara robot saja. Dia juga tidak tersedia Bahasa Daerah, hanya Bahasa dari negara-negara di dunia saja.

Jika ingin suara bayi atau anak kecil, kita bisa memakai situs dari VoiceMaker.in. Di sana juga tersedia jenis suara wanita dewasa dan pria dewasa ataupun suara mirip personil Korea BTS. Sementara untuk membuat suara dari logat Bahasa Daerah, kita bisa memakai situs dari VoiceofText.com. Di situs tersebut kita dapat membuat sound of text dari Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Sayangnya, belum tersedia sound of text bahasa Manado, Bali, atau daerah lainnya.

Adapun situs sound of text lain yang memiliki koleksi jenis suara kartun, anime, tokoh terkenal dunia. Dia adalah Vo.codes, kamu dapat membuat suara mirip karakter Naruto, Spongebob, hingga Doraemon. Segera akses salah satu dari mereka, lalu buat sound of text notifikasi WA Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *