Selain dikenal dengan wisata gurun pasir dan wisata sunrise nya, Gunung Bromo terkenal dengan udara dinginnya. Bahkan pada kondisi tertentu suhu di kawasan Gunung Bromo dapat mencapai 0 derajat celcius. Banyak wisatawan sampai mengalami bibir pecah-pecah karena suhu yang sangat dingin. Untuk itu, Anda perlu mengetahui kisaran suhu di Gunung Bromo jika ingin berencana mengunjunginya.

Suhu di Gunung Bromo pada Musim Kemarau

Jika pada musim kemarau, di kawasan cemoro lawang dan lautan pasir suhu dapat berkisar 10 hingga 12 derajat celcius pada waktu siang hari. Sedangkan pada kawasan penanjakan suhu dapat mencapai 5 hingga 10 derajat celcius. Di waktu malam hari, suhu menjadi lebih rendah hingga dapat mencapai 0 derajat celcius.

Suhu di Gunung Bromo pada Musim Penghujan

Jika pada musim penghujan, suhu di Gunung Bromo tidak serendah ketika saat musim kemarau. Pada umumnya suhu di Gunung Bromo dapat mencapai 15-20 derajat celcius pada pagi hingga siang hari. Sedangkan untuk malam hari suhu udara dapat mencapai 10-15 derajat celcius. Walaupun cukup dingin, Anda dapat mengatasinya dengan menyiapkan jaket yang cukup tebal dan sarung tangan.

Persiapan Menghadapi Suhu Dingin Gunung Bromo

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suhu di Gunung Bromo dapat mencapai dibawah 10 derajat celcius. Tentunya Anda perlu menyiapkan beberapa hal agar sesampainya disana tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan ke Gunung Bromo.

  • Jaket dan Pakaian Tebal

Usahakan mempersiapkan jaket dan pakaian yang cukup tebal agar badan tetap merasa hangat. Tidak dianjurkan menggunakan jaket atau pakaian fashion karena dapat membuat Anda menjadi kedinginan atau lebih parahnya terjadi hipotermia. Disarankan membawa jaket cadangan agar jika Anda masih merasa dingin, dapat menambahkan dengan jaket cadangan tersebut.

  • Syal, Topi, dan Sarung Tangan

Selain menutupi daerah badan, Anda juga perlu menjaga daerah terbuka lainnya seperti leher, kepala, dan tangan untuk tetap hangat. Anda dapat membawa barang yang sekiranya dapat menutupi bagian tersebut, seperti syal, topi, dan sarung tangan. Jika Terlupa, di sekitar daerah Gunung Bromo sudah banyak pedagang yang menawarkan syal, topi, dan sarung tangan.

  • Sepatu

Anda sangat tidak disarankan menggunakan sandal atau alas kaki lainnya yang tidak menutupi seluruh bagian kaki. Usahakan mempersiapkan sepatu khusus gunung yang dapat menjaga bagian kaki agar tetap hangat. Sepatu gunung pun sangat berfungsi untuk melindungi Anda dari kemungkinan cedera yang terjadi karena kontur jalan berbatu dan licin pada Gunung Bromo.

  • Masker

Barang terakhir yang perlu dipersiapkan sebelum berwisata ke Gunung Bromo adalah Masker. Selain dapat melindungi bagian hidung dan mulut dari terpaan debu, masker juga berfungsi agar bagian muka tetap hangat.

Pada saat tertentu, suhu di Gunung Bromo dapat menjadi sangat ekstrim. Jadi jika ingin berwisata ke Gunung Bromo, sebaiknya terlebih dahulu melakukan riset tentang keadaan disana. Anda pun juga perlu mempersiapkan barang-barang yang semestinya digunakan di daerah pegunungan, seperti Jaket hingga sarung tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *