Seiring dengan berjalannya teknologi, kini kamu pun bisa merubah tulisan menjadi suara atau terkenal dengan sebutan text to speech. Sebagai informasi, sebenarnya teknologi tersebut sudah muncul sejak waktu yang lama. Akan tetapi saat ini sudah cukup banyak pengguna terutama youtuber yang memakai TTS atau text to speech guna mengisi suara pada konten berupa video yang mereka buat.

Pengertian secara sederhananya, fitur ataupun teknologi bernama text to speech memiliki kegunaan agar bisa merubah text atau tulisan menjadi suara dengan otomatis. Di sejumlah negara maju serta berkembembang, pemakaian text to speech ini terbilang sering dipakai contohnya di industri bisnis, pendidikan serta lainnya. Akan tetapi sayangnya tak seluruh aplikasi maupun website text to speech mendukung atau support bahasa Indonesia.

Daftar Aplikasi Text To Voice Support Bahasa Indonesia Unggulan

Teknologi text to speech yang sudah support bahasa Indonesia bisa kita temukan dalam layanan berupa google voice Indonesia. Akan tetapi tak jarang terdapat pengguna yang merasa kurang cocok jika memakai suara dari fitur tersebut. Bagi kamu yang mencari alternative lain berupa aplikasi text to speech, silahkan melihat referensi di bawah ini lalu menemukan baik aplikasi ataupun website yang dapat merubah teks menjadi juara. Berikut adalah referensinya untuk Kamu:

#1 Google Translate

Tekan Speaker Untuk Putar Suara Dari Google Translate
Tekan Speaker Untuk Putar Suara Dari Google Translate

Aplikasi pertama Anda dapat menggunakan Google Translate yang menjadi salah satu layanan terbaik dari pihak Google. Sebebarnya layanan ini dapat melakukan translate dari sebuah bahasa ke banyak bahasa lainnya. Akan tetapi rupanya tak hanya itu sebab Google Translate juga mempunyai fitur berupa text to speech alias situs untuk membuat suara google. Fitur tersebut mampu mendukung sampai 100 bahasa yang otomatis termasuk untuk pilihan bahasa Indonesia.

Lihat juga: https://www.technolati.com/2022/04/cara-google-translate-inggris-indonesia.html

Layanan google translate juga sudah support serta dapat berjalan untuk banyak sistem operasi maupun perangkat seperti komputer, laptop maupun ponsel Android ataupun iPhone iOS. Pastinya untuk cara pemakaiannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menentukan pilihan berupa referensi bahasa yang akan digunakan seperti bahasa Indonesia. Tetapi untuk platform Google Translate hanya dapat merubah tulisan menjadi suara tak lebih dari sebanyak 1500 karakter.

#2 Aplikasi Voice Aloud Reader

Voice Aloud Reader Untuk Membaca Teks Hp Dengan Suara Google
Voice Aloud Reader Untuk Membaca Teks Hp Dengan Suara Google

Urutan kedua ada aplikasi bernama voice aloud reader yang mudah dipakai serta mendukung sejumlah cara membaca sebuah teks berbeda satu sama lain. Apabila aplikasi tempat kamu ingin membaca teks mempunyai fitur berbagi maka cukup kirimkan konten ke dalam aplikasi tersebut memakai menu bernama Android Share asli. Hal ini juga berfungsi untuk item yang ada di layar dengan tombol bagikan sendiri seperti halnya facebook dan cuitan.

Demikian juga apabila teks yang ingin kamu baca dapat dipilih maka bisa memakai tombol bagikan di dalam menu konteks sembulan. Keberadaan aplikasi tersebut juga bergunsi menggunakan URL. Kamu cukup rekatkan alamat website atau artikel kepada pembaca suara keras. Lalu secara otomatis memparsing serta membaca teks yang tampak relevan untuk kamu. Bahkan kamu juga bisa menambahkan file berupa teks seperti PDF (lihat juga: https://www.kobi-id.org/5-cara-jitu-translate-pdf-inggris-ke-indonesia/) dan DOC secara langsung ke dalam aplikasi.

#3 Apk Narrator’s Voice

Aplikasi selanjutnya yaitu Narrator’s Voice yang menawarkan sesuatu sedikit berbeda. Adapun fitur yang ada di aplikasi ini yaitu bisa membaca teks dari pesan, web, aplikasi maupun sumber lainnya. Selain itu aplikasi tersebut juga mempunyai sisi yang menyenangkan yaitu kamu bisa menambahkan banyak efek suara dalam sintetis ucapan misalnya berkumur, gema bahkan paduan suara sekalipun. Aplikasi ini mempunyai banyak pilihan suara untuk Anda pilih.

Di dalamnya terdapat beberapa favorit seperti Siri dan Cortana. Bukan hanya itu, aplikasi Narrator’s Voice juga memungkinkan kamu menambahkan teks sendiri yang setelahnya dijalankan lewat synthesizernya. Itulah yang membuat aplikasi tersebut menjadi cara terbaik guna menambahkan suara ke dalam narasi sebuah video, presentasi berbentuk slideshow serta masih banyak lagi. Narrator’s Voice juga membuat Anda bisa menyimpan file output video sebagai MP3 secara offline.

#4 Aplikasi Talk Free

Aplikasi yang keempat yaitu Talk Free yang hadir lebih sederhana jika dibandingkan dengan dua aplikasi sebelumnya. Talk Free bisa mengimpor halaan situs secara langsung dari browser di dalam ponsel kamu ataupun membaca teks yang berasal dari aplikasi sebagai pihak ketiga lainnya. Kamu bisa mengekspor seluruh file audio lalu menimpannya secara offline di dalam format WAV.

Penting untuk kamu ketahui bahwa aplikasi Talk Free hadir dengan mengandalkan mesin TTS atau text to speech yang telah ada sebelumnya agar dapat berfungsi. Adapun sebagian besar perangkat ponsel Android telah memasang mesin Google. Apabila kamu sudah menghapus sistem TTS di dalam ponsel. Maka bisa mengunduhnya kembali Google Text to Speech secara gratis dari platform Google Play Store.

Manfaat dari pemakaian sistem TTS keluaran Google yaitu adanya dukungan untuk banyak bahasa. Apabila Google menawarkan banyak bahasa, maka umumnya Talk Free akan bekerja dengan sistem tersebut.

#5 Aplikasi T2S

T2s Untuk Ubah Teks Menjadi Suara
T2s Untuk Ubah Teks Menjadi Suara

Berikutnya ada aplikasi bernama T2 yakni layanan text to speech dengan penawaran salah satu antarmuka yang paling modern dari layanan serupa sebelumnya. Fitur menonjol dari aplikasi satu ini yaitu adanya browser situs bawaan yang terbilang sederhana. Hal ini tak akan memang tak berpengaruh banyak namun memungkinkan kamu dengan mudah bisa mendenarkan halaman situs tanpa merasa khawatir ketika menyalin URL.

Itulah sejumlah aplikasi text to speech seperti google voice Indonesia yang bisa Anda gunakan secara langsung.

Referensi terkait: https://techidn.github.io/vn-wa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *