Pegiat Search Engine Optimization (SEO) atau bidang lain yang berkaitan dengan bisnis online pasti sudah tidak asing lagi dengan iMacros. Tool yang satu ini memang sangat berguna untuk input data dan membantu tugas yang berulang.

Apabila Anda masih asing dengan iMacros, di sini akan dijelaskan secara lebih lengkap. Jadi, simak terus artikel ini, ya. Dijamin ilmu yang disampaikan akan sangat berguna dan sayang untuk dilewatkan.

Apa Itu iMacros?

iMacros merupakan salah satu tool berukuran sangat kecil yang berguna untuk membantu penggunanya dalam input data secara berulang di sebuah website hanya dengan satu perintah. Tool ini bisa diinstall di browser, terutama Firefox dan Chrome.

Kemampuan Imacros
Kemampuan Imacros

Tool ini tidak hanya berguna untuk input data, namun ada banyak perintah lain yang bisa direkam dan dijalankan kembali sesuai dengan kebutuhan user. Pekerjaan yang dilakukan iMacros ini bersifat loop atau berulang dan bisa digunakan untuk situs online maupun offline.

Add-on iMacros juga memiliki kemampuan lain berupa ekstraksi data dari sebuah website berupa teks dan gambar, kemudian mendownload data tersebut ke dalam bentuk file txt dan csv. Kemampuan ini sering dimanfaatkan oleh para pedagang online untuk mengelola produk mereka.

Begitu banyak fungsi yang dimiliki oleh iMacros, tak heran jika tool yang satu ini kerap disebut kecil-kecil cabai rawit oleh para penggunanya.

Lihat pula: Download Minecraft versi 1.17.2

Cara Download dan Pakai iMacros

Download iMacros

Seperti yang sudah disebutkan di atas, iMacros adalah add-on atau bisa juga disebut sebagai ekstensi di browser. Untuk mendownloadnya, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini. Tutorial ini khusus untuk Google Chrome, Anda bisa menyesuaikan jika memakai browser lain.

  1. Siapkan koneksi internet kemudian buka browser Google Chrome di laptop atau PC Anda.
  2. Klik di bagian address bar, kemudian ketik alamat berikut ini https://chrome.google.com/webstore. Tekan enter untuk mulai proses memuat (loading) halaman.
  3. Sekarang Anda sudah berada di Chrome Web Store. Klik di bagian kolom Search.
  4. Ketik kata kunci “iMacros” dan tekan lagi tombol Enter di keyboard.
  5. Temukan iMacros for Chrome di halaman hasil pencarian.
  6. Setelah itu, klik Add to Chrome.
  7. Halaman Chrome akan menampilkan pop up untuk konfirmasi instalasi ekstensi. Klik Add extension.
  8. Tunggu sesaat sampai proses download dan install selesai.
  9. Tanda bahwa proses install sudah berhasil, Anda akan melihat ikon iMacros di sisi kanan atas jendela Chrome. Lebih tepatnya di sisi kanan address bar.

Cara Pakai iMacros

Cara untuk menggunakan iMacros ini cukup sederhana. Untuk menggunakan iMacros, di bawah ini ada panduan umum yang bisa Anda simak:

  1. Untuk membuka iMacros, Anda bisa langsung klik ikon iMacros yang ada di sisi kanan address bar. Setelah itu, akan muncul jendela baru untuk menampilkan iMacros.
  2. Di dalam iMacros ada 5 bagian utama, yaitu Files, Bookmarks, Play, Records, dan Manage.
  3. Menu Files berguna untuk mengelola file iMacros yang tersimpan di penyimpanan.
  4. Bookmarks biasa digunakan untuk menandai file-file yang penting dan paling sering dibuka.
  5. Play digunakan untuk mengeksekusi kode yang sudah direkam.
  6. Record memiliki fungsi yang berlawanan dengan Play, menu ini digunakan untuk merekam kode dari website.
  7. Tab Manage berfungsi untuk mengedit kode.

Fitur iMacros

Fitur utama iMacros sebenarnya hanya ada dua yaitu Record dan Play. Hal ini pun sudah sempat disinggung pada pembahasan di poin sebelumnya.

Lihat pula: Aplikasi Game Chat Online

· Menu Record

Record atau biasa disingkat Rec berguna untuk merekam aktivitas yang tengah dilakukan di browser, kemudian menyimpannya ke dalam bentuk script iMacros.

· Menu Play

Berbanding terbalik dengan Record, menu ini digunakan untuk mengeksekusi kode atau script iMacros yang sudah dibuat, direkam, maupun dibeli. Dengan menu ini, pengguna bisa mengeksekusi script secara berulang sesuai kebutuhan.

Harga Layanan

Jika dilihat dari fiturnya yang sangat bermanfaat untuk para pebisnis online, iMacros layak dikategorikan sebagai aplikasi berbayar. Namun, developer dan publisher tool yang satu ini tidak menarik sepeser pun dari penggunanya alias menggratiskan iMacros.

Sekarang Anda bisa langsung menginstall iMacros di Chrome dan menggunakannya untuk membantu pekerjaan Anda. Berkat bantuan tool yang satu ini, pekerjaan Anda bisa lebih cepat selesai.

Referensi: https://sharetrans.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *